Merekam Audio Terjemahan Bahasa pada Google Translate atau pada Web Streaming


Google Transalate adalah aplikasi web  yang bisa menterjemahkan bahasa dari satu bahasa ke bahasa lain, misalnya Bahasa Mandarin ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya. Disamping menterjemahkan bahasa, Google Translate melengkapi dengan cara pengucapannya atau prononciation dan ada juga dilengkapi baca secara fonetik khususnya bahasa mandarin. Baca secara fonetik ini adalah membaca menggunakan abjad disebabkan bahasa seperti mandarin tidak mengenal abjad seperti bahasa Indonesia atau bahasa lain.

Sebenarnya merekamnya  sangat mudah kalau kita pikirkan, tinggal buka website Google Translate http://translate.google.co.id/ , lalu buka juga program Sound Recorder yang ada di Accesiories Windows kemudian tulis kata-kata di Google Translate lalu terjemahkan. Kemudian pada program Sound Record tekan tombol Record dan kemudian tekan tombol simak pada Google Translate, kemudian simpan filenya di program Record Sound, selesai. Tapi ketika kita putar, hasilnya jauh panggang dari api, alias tidak bagus, bahkan noise nya cukup besar, kadang suara kita juga ikut terekam .

Disamping itu ada juga cara lain, yaitu menggunakan program Audicy atau lain-lain, tapi hasilnya tidak jauh beda dengan diatas. Setelah ditelusuri lebih lanjut, letaknya di Windows itu sendiri. Artinya yang kita lakukan diatas adalah mereka suara diluar komputer, yaitu merekam dengan mikrofon. Sedangkan Audio di Google itu  akan lebih jernih direkam di perangkat itu komputer, artinya suara bukan direkam menggunakan mikrofot yang akan bercampur dengan suara diluar komputer tapi rekam didalam komputer, dialatnya.

Untuk itu kita merekamnya adalah dengan cara mengaktifkan Streo Mix, caranya adalah :

  1. Klik kanan icon System Tray > Recording Device atau Klik Start > Control Panel > Hardware and Sound > Sound . Kemudian Klik Recording tab, sehingga tampak seperti gambar di bawah ini.

    Sound Toolbox

     

  2. Kemudian Klik Kanan dalam Recording tab dan conteng “Show Disable Devices” kemudian Klik kanan lagi conteng  “Show Disconnected Device”, seperti terlihat digambar ini. Maka akan tampak perangkat dalam abu-abu.
    Sound Recording
  3. Klik kanan pada perangkat yang akan direkam  (misalnya Stereo Mix  disini tampak abu-abu) dan jika invisible, pilih “Enable”.

    Sound Stereo Mix

  4. Klik kanan pada perangkat yang akan direkam “Stereo Mix”, seperti no 3, pilih Set as Default Device.
    merekam_default
  5. Klik kanan lagi pada perangkat yang akan direkam “Stereo Mix”, pilih Properties.., pada Level tab geser slidernya.

    merekam_level

  6. Setelah itu klik OK.

 

Setelah ini dilakukan, maka untuk merekamnya sekarang buka web Google Translate dan Sound Recording di windows. Untuk lengkapnya sekarang buka program Sound Recorder yang dapat dilakukan dengan klik All Program > Accessories > Sound Recorder. Gambarnya tampak seperti dibawah,

merekam_soundr

Setelah klik tombol Start Recording untuk mulai merekam. Kemudian buka Google Translate dengan membuka http://www.google.co.id, lalu pilih terjemahan. Setting bahasa Mandarin ke Bahasa indonesia, lalu tulis kata yang akan di terjemahkan. Setelah itu klik tombol Simak untuk mendengar cara bacanya.

merekam_google

Setelah itu pindah ke program Sound Recorder untuk menyimpan dengan mengklik tombol Stop Recording dan menyimpan filenya.

 

Sumbernya :

http://wiki.audacityteam.org/wiki/Mixer_Toolbar_Issues#Using_the_Control_Panel
http://forum.audacityteam.org/viewtopic.php?f=16&t=53130

17 thoughts on “Merekam Audio Terjemahan Bahasa pada Google Translate atau pada Web Streaming

  1. koplak

    saya sudah mencoba settingnya , ternyata ketika saya klik gambar microfon, tiba-tiba ada pilihan untuk mendonlod dari idm, saya pakai 6.14, chrome, ini hasilnya
    Format : MPEG Audio
    File size : 9.18 KiB
    Duration : 2s 351ms
    Overall bit rate mode : Constant
    Overall bit rate : 32.0 Kbps
    Writing library : LAME3.98.2

    Audio
    Format : MPEG Audio
    Format version : Version 2
    Format profile : Layer 3
    Duration : 2s 351ms
    Bit rate mode : Constant
    Bit rate : 32.0 Kbps
    Channel(s) : 1 channel
    Sampling rate : 22.05 KHz
    Compression mode : Lossy
    Stream size : 9.18 KiB (100%)
    Writing library : LAME3.98.2
    dari mediaInfo,
    padahal waktu saya coba di kantor, di pc yg ada idm nya, tidak bisa, tapi trims infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s