Dasar-dasar Sintaks Bahasa Python


Bahasa pemrograman python memiliki persamaan dengan bahasa pemrograman lain, terutama yang menggunakan scripting dalam membangun code-code program. Ada beberapa sintaks yang harus diketahui bagi yang pertama kali belajar bahasa pemrograman ini. Bagi yang pernah belajar bahasa pemrograman lain juga sangat penting mengetahui sintaks-sintaks dasar, sehingga memudahkan membaca code-code program yang dibuat dengan phyton.

Program Pertama Python

Untuk membuat program dan menjalankan program di python mempunyai 2 model scripting, yaitu pemrograman mode interaktif dan pemrograman mode scripting.

Pemrograman Mode Interaktif

Pemrogaman ini melakukan pengetikan code-code python langsung di konsul python. Kode-kodenya diketik satu per satu dan langsung melihat hasilnya. Dengan mode ini kita dapat melihat dengan jelas setiap kode-kode yang kita ketik benar atau salah. Setelah kita mengetik kode-kode di konsul maka akhiri dengan menekan tombol enter, seperti gambar di bawah ini

Pemrograman Mode Scripting

Pemrograman ini dilakukan dengan mengetik di editor teks dan di simpan dengan ekstensi .py. Dengan mode ini anda bisa mengetik kode-kode program dan bila sudah siap tinggal menjalankan di python. Untuk menjalankan mode ini, pada program python pilih Menu File dan Klik New Window, maka akan muncul editor python. Setelah itu anda ketik programnya, seperti gambar di bawah ini

Setelah mengetik program, anda simpan dengan mengklik menu File > >Save degan nama yang berekstensi .py. Setelah itu untuk melihat hasilnya dapat anda lakukan dengan mengklik Menu Run >> Run Modul atau tekan F5. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Identifiers Python

Identifiers python adalah nama yang digunakan untuk identify sebuah variabel,class modul atau objek lainnya. Identifiers dimulai dengan huruf A ke Z atau a ke z atau garis bawah (_) diikuti kosong atau banyak huruf, garis bawah dan angka (0-9). Python tidak memboleh menggunakan huruf tanda baca seperti @, % dan $ didalam identifiers.

Python adalah bahasa pemrograman case sensitif, yaitu membedakan huruf kecil dan huruf besar. Misalnya nama modul pangkat dengan Pangkat, di identifier akan membedakan.

Beberapa ketentuan identifier python

Nama class dimulai dengan huruf kapital dan semua identifier lain dengan huruf kecil

Bila identifier private, maka dimulai dengan tanda garis bawah

Bila identifier sangat private, maka dapat dimulai denga 2 tanda garis bawah

Bila identifier terakhir di gunanakan tanda garis bawah 2 buah, maka ini didefinisikan identifier nama khusus.

Kata yang tidak boleh digunakan

Kata yang tidak boleh digunakan untuk nama class,variable atau setiap identifier, seperti tabel dibawah :

and exec not
assert finally or
break for pass
class from print
continue global raise
def if return
del import try
elif in while
else is with
except lambda yield

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s