Dasar-Dasar Menggambar dengan OpenGL dan Menggambar Titik


Dasar-dasar menggambar dengan OpenGL mempunyai 10 buah bentuk geometris sederhana,biasa disebut 10 Geometris Primitif. Disebut primitif karena bentuk sederhana dan ditampilkan sangat cepat dan bisa dibentuk gambar yang lebih kompleks lagi dengan penggabungan gambar geometris primitif tersebut. 10 Geometris tersebut adalah Points (Point), Lines (Garis), Triangles (Segitiga), Triangle Strip (Segitiga Jalur), Quad Strip (Quad Jalur), Line Strip (Garis Jalur), Line Loop (Garis Looping), Quads (Quad), Polygon (Poligon), and Triangle Fan (Segitiga Fan).

Untuk menggambar geometris diatas, openGL menggunakan fungsi, yaitu :

 

  • GL_POINTS
  • GL_LINES
  • GL_TRIANGLES
  • GL_TRIANGLE_STRIP
  • GL_QUAD_STRIP
  • GL_LINE_STRIP
  • GL_LINE_LOOP
  • GL_QUADS
  • GL_POLYGON
  • GL_TRIANGLE_FAN

 

Mengambar Titik

 

Menggambar titik menggunakan perintah GL_POINTS dengan glVertex3f(x, y, z), dimana kordinat x sumbu horizontal, y sumbu vertikal dan kordinat z kearah kita. Koordinat dimulai dari kiri bawah, seperti gambar di bawah ini.

Untuk mulai menggambar titik kita menggunakan perintah GL_POINTS seperti dibawah ini

glBegin(GL_POINTS);
glVertex3f(0.2, 0.2, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.2, 0.0);
glVertex3f(0.2, 0.5, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.5, 0.0);
glVertex3f(0.2, 0.8, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.8, 0.0);
glEnd();

Sintak program menggambarkan grafik dalam sumbu x,y dan z adalah

Atau dalam bentuk lain yaitu

Untuk Kode program lengkap dalam Editor CodeBlocks adalah

 

#include <gl/glut.h>

 

void Draw() {
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f(1.0, 1.0, 1.0);
glBegin(GL_POINTS);
glVertex3f(0.2, 0.2, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.2, 0.0);
glVertex3f(0.2, 0.5, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.5, 0.0);
glVertex3f(0.2, 0.8, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.8, 0.0);
glEnd();
glFlush();
}

 

void Initialize() {
glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
glOrtho(0.0, 1.0, 0.0, 1.0, -1.0, 1.0);
}

 

int main(int iArgc, char** cppArgv) {
glutInit(&iArgc, cppArgv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(250, 250);
glutInitWindowPosition(200, 200);
glutCreateWindow(“Point”);
Initialize();
glutDisplayFunc(Draw);
glutMainLoop();
return 0;
}

 

Jalankan Program tersebut di CodeBlocks hasilnya seperti gambar di bawah ini

Gambar ini terdiri 6 buah titik berwarna putih.

 

One thought on “Dasar-Dasar Menggambar dengan OpenGL dan Menggambar Titik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s