Pemrograman OpenGL dan Setting di CodeBlock C++


OpenGL (Open Graphics Library) adalah suatu standar API yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik,baik untuk 2 dimensi (2D) atau 3 dimensi (3D). OpenGL dapat berjalan berbagai perangkat keras dan bahasa pemrograman. OpenGL mempunyai banyak pustaka untuk membuat grafik dengan berbagai model dan bentuk seperti permukaan quadratic atau kurva NURBS. Pustaka standar ini disebut OpenGL Unit Library Toolkit(Glut). Didalam Glut tersebut sudah terdapat berbagai fungsi, mulai aplikasi windows (windowing) sampai aplikasi grafik lainnya, sehingga tidak repot-repot mengubah kode progam jika diterapkan pada sistem operasi dan perangkat lunak yang berbeda.

Untuk membuat program OpenGL ini, kita membutuhkan kompailer dan editor . Untuk bahasa pemrograman C++, bisa menggunakan perangkat lunak CodeBlock, Eclipse, Microsoft Visual C++ dan lain-lain. Semua perangkat lunak diatas merupakan IDE (Integrated Development Environment) yang didalamnya sudah ada editor kode program, compiler atau interpreter atau link ke compiler atau interpreter, builder dan debuger.

Instalasi CodeBlock C++

Download CodeBlock C++ di http://www.codeblocks.org/downloads/binaries , pilih codeblocks-10.05mingw-setup.exe. Setelah di download, klik 2 kali pada file dan ikuti proses install sampai dengan selesai.

Instalasi OpenGL Unit Library Glut

Download Glut di http://www.xmission.com/~nate/glut/glut-3.7.6-bin.zip, kemudian ekstrak file tersebut. Setelah di ekstrak akan terlihat folder glut-3.7.6-bin dengan beberapa file glut di dalamnya. Lakukan langkah-langkah berikut untuk meng-Copy file dalam folder glut-3.7.6-bin, yaitu

  • Copy glut32.dll ke dalam folder C:\Windows\System32
  • Copy glut.h ke dalam folder C:\Program Files\CodeBlocks\MinGW\include\GL
  • Copy glut32.lib ke dalam folder C:\Program Files\CodeBlocks\MinGW\lib

Setting OpenGl di CodeBlocks dan Project 1 OpenGL

Sekarang jalan kan Program CodeBlocks untuk mensetting link librarynya agar ketika menulis code program dan mengkompile dikenal oleh IDE CodeBlocks.

  1. Setelah Program CodeBlock dibuka, maka klik Menu File > New > Project..
    Pada New From Template box pilih OpenGL project dan klik tombol Go.
  2. Kemudian tentukan nama file dan Folder akan disimpan kode program dan ikuti wizard dengan mengklik tombol Next sampai muncul muncul tombol Finish.
  3. Setelah mengklik tombol Finish maka akan terbentuk project dengan nama project yang ada buat, dibawahnya ada folder Source dengan sebuah file main.c

  4. Kemudian klik Menu Settings>Compiler and Debuger.. Maka akan muncul kotak Global Compiler Settings.
    Kemudian klik Linker Setting. Klik tombol Add untuk menambah setting library yang berada di C:\Program Files\CodeBlocks\MinGW\lib\glut32.lib;
    Setelah tombol Ok diklik maka akan terlihat seperti gambar di bawah
  5. Kemudian klik tombol Ok. Seterusnya buka program main.c, hapus isinya ganti dengan program di bawah ini.
    #include <gl/glut.h>
    
    void Draw() {
    
    	glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
    
    	glColor3f(1.0, 1.0, 1.0);
    
    	glBegin(GL_LINES);
    
    		glVertex3f(0.25, 0.25, 0.0);
    
    		glVertex3f(0.75, 0.75, 0.0);
    
    	glEnd();
    
    	glFlush();
    
    }
    
    void Initialize() {
    
    	glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0);
    
    	glMatrixMode(GL_PROJECTION);
    
    	glLoadIdentity();
    
    	glOrtho(0.0, 1.0, 0.0, 1.0, -1.0, 1.0);
    
    }
    
    int main(int iArgc, char** cppArgv) {
    
    	glutInit(&iArgc, cppArgv);
    
    	glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
    
    	glutInitWindowSize(250, 250);
    
    	glutInitWindowPosition(200, 200);
    
    	glutCreateWindow("Lesson 1");
    
    	Initialize();
    
    	glutDisplayFunc(Draw);
    
    	glutMainLoop();
    
    	return 0;
    
    }
  6. Untuk melihat hasilnya Klik Menu Build > Build Ctl+F9, kemudian Klik Menu Build > Run Ctrl+F10. Maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

    Dari program diatas terbentuk sebuah garis berwarna putih.

14 thoughts on “Pemrograman OpenGL dan Setting di CodeBlock C++

  1. ScioN

    ini nih yang saya cari-cari….
    kalo bisa setting nya di MinGW bisa gak.
    agak males kalo pake compiler yang beda…

    trims…

    1. zacknov

      Saya juga pernah coba dulu, tapi belum berhasil. Idealnya mingw pakek studio mingw, saya juga seperti itu. Tapi saya belum dapat solusinya untuk OPENGL.

  2. ipung

    Mas bisa tolong ini gak? buat tugas akhir semester…tolong yak

    Cobalah mengerti persoalannya dan buatlah programnya dengan implementasi STRUKTUR: BUATLAH PERMAINAN DENGAN MENGGUNAKAN 2 DADU dimana program anda akan mensimulasikan bergulir sepasang dadu hingga total dadu muncul untuk jadi angka yang diberikan. Angka yang Anda bergulir untuk merupakan parameter ke fungsi. Jumlah frekuensi anda harus melempar dadu adalah nilai kembali dari fungsi. Anda dapat mengasumsikan bahwa parameter adalah salah satu dari jumlah yang mungkin: 2, 3, …, 12. Gunakan fungsi Anda dalam program yang menghitung dan mencetak jumlah gulungan yang diperlukan untuk mendapatkan mata ular. (Mata ular berarti menunjukkan total pada dadu adalah 2.)
    Discussion
    int rollFor( int N )
    {
    // Precondition: N is between 2 and 12, inclusive.
    // Roll a pair of dice repeatedly until the total on the
    // two dice comes up to be N. The number of rolls is returned.
    int die1, die2; // Numbers between 1 and 6 representing the dice.
    int roll; // Total showing on dice.
    int rollCt; // Number of rolls made.
    rollCt = 0;

    do {
    die1 = (int)(Math.random()*6) + 1;
    die2 = (int)(Math.random()*6) + 1;
    roll = die1 + die2;
    rollCt++;
    } while ( roll != N );
    return rollCt;
    }

  3. icha

    saya udah nyoba setting openGL sesuai langkah diatas tapi tiap kali di bulid and run yang muncul malah “openGL sample” ya? itu kira2 kenapa?

    1. zacknov

      Oke, mungkin icha jalankan file sample nya. Sekarang buka file samplenya,nama filenya main.c, ganti isi file tersebut dengan code diatas. Selamat mencoba.

  4. mas kok ga bisa di compile… tulisannya seperti ini…
    “ENI – Debug” uses an invalid compiler. Probably the toolchain path within the compiler options is not setup correctly?! Skipping…
    Nothing to be done.
    trims

  5. gan, ada masalah apa ya dengan komputer nya,
    ketika aku copy paste kan script nya ternyata gak ada gambarnya,, malah putih blank, dan ketika aku jalankan ke komputer lain ternyata gambarnya muncul,, kenapa y gan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s