Belajar Membuat Fungsi dengan bahasa Pemrograman C++


Hari aku mulai mengotak-atik C++ lagi, yang sudah lama kutinggalkan karena harus fokus ke bahasa. Untuk menulis sintak C++, aku langsung membuka program Editor C++ yaitu Codeblocks dengan kompiler gcc didalamnya. Aku mulai mengetik sintak fungsi sederhana dan aku mengkopilenya. Hasil dalam konsulenya kosong, tidak memunculkan hasil. Kemudian aku coba membuat program cetak Hello World, ternyata sama hasilnya. Codeblock yang ku pakai versi 12.1 yang baru aku download menggantikan Codeblock versi sebelumnya.

Karena ada penasaran, aku coba otak-katik settingnya dan juga coba kompile program tahun lalu, tapi hasilnya nihil. Akhirnya, aku pikir dari pada memakan waktu lama, aku beralih menggunakan Visual C++ 2010 express. Visual C++ 2010 Express agak lambat, tapi program yang aku buat bisa terkompile dan muncul hasilnya. Program yang aku buat adalah sebuah fungsi sederhana, yaitu mencetak sebuah kata. Programnya yaitu :

 

#include <iostream>
using namespace std;

void cetakSesuatu(){
    cout<<"Aku Adalah Fungsi"<<endl;
}

int main(){
    cetakSesuatu();
    system("PAUSE");
    return 0;
}

 

Progam diatas terdiri dari 2 fungsi, yaitu fungsi main() dan fungsi cetakSesuatu(). Ketika kita membuat program C++, minimal kita mempunyai sebuah fungsi, yaitu fungsi main(). Setiap fungsi harus dideklarasikan. Setiap fungsi harus ditulis sebelum fungsi main() artinya diatas fungsi main(), karena kompiler membaca sintak bahasa dimulai dari atas. Bagaimana dengan menulis dibawah agar mudah dalam melihat sintak kode programnya?

Untuk membuat fungsi dibawah fungsi main(), bisa dilakukan dengan menulis fungsi saja, dan isi fungsi didalamnya bisa ditulis dibawah, seperti contoh program dibawah ini :

#include <iostream>

using namespace std;

void cetakSesuatu();

int main(){
    cetakSesuatu();

    system("PAUSE");
    return 0;
}

void cetakSesuatu(){
    cout<<"Aku Adalah Fungsi"<<endl;
}

Program diatas ketika kita jalankan akan, terlihat hasil dikonsule adalah :

cpp-fungsi

Leave a Reply

