Beberapa Nama WC dalam Mandarin dari Shifu


Saat pulang temani teman photo Express, aku tiba di Asrama Jading Tongji University,kulihat Shifu (Penjaga Asrama) berdiri di pintu. Aku memberi tahu shifu baru saja menemani kawan dan menampakan foto dikamera aku. Karena malam, shifu tidak tampak jelas sehingga dengan perlu ambil kaca mata di ruang kerjanya. Setelah dilihat, keluar kata 卫生间。Jadi benda Photo Express tersebut namanya 卫生间 karena photo dikamera aku ada teman lagi berada didalamnya lagi duduk jongkok. Setelah itu keluar lagi kata lain dari shifu tersebut 厕所, 等抗. Karena itu ingin tau aku ambil kertas untuk menulis agar aku mudah memahaminya.

Setelah ditulis baru aku mengerti yang dimaksud shifu bahwa benda yang ada kamera aku itu adalah WC. Akupun tidak menyanggah lagi, karena tidak tidak tau menyampaikan bahwa itu mesin Photo Express. Untuk itu aku berpikir lebih baik melanjutkan pembicaraan dia tentang WC.

Dari pembicaraan dengan shifu tersebut mengatakan WC itu dalam bahasa China terdapat beberapa kata, yaitu 卫生间,厕所,马桶,等抗 dan 茅房.  卫生间 adalah kata yang digunakan WC ditempat umum,seperti di Stasiun Subway atau di pinggir jalan. 厕所 adalah kata yang digunakan untuk WC di hotel,didalam kampus. 马桶 adalah kata yang digunakan untuk WC duduk yang ada bolong tengah. 等抗 adalah WC yang ada dikampung-kampung yang dibuat lobang dengan dua kayu tempat orang untuk jongkok. Sedangkan 茅房 aku tidak tau, sepertinya sama dengan 等抗.

Tapi untuk kata 等抗 barusan cari di internet tidak menemukan kata sebenarnya, sepertinya kata tersebut salah. Setelah itu akupun permisi kembali ke kamar. Sampai kamar aku cari katanya, menghabiskan waktuku hampir 1 jam, padahal target ku untuk mendapatkan atau menemukan artinya di internet tidak sampai setengah jam. Kacau juga belajarku , tidak tercapai target hari ini, ya sudah…

Leave a Reply

