Makan Siang bersama Teman Suku Kazastan Xingjiang China


Jam menunjukkan jam 11 lewat, waktu makan sudah sampai. Aku bergegas keluar Sushe (Asrama) menuju Shitang(kantin makanan) Tongji University. Sesampai disana aku pilih makanan dan setelah itu duduk tidak jauh dari tempat makanan. Lagi sedang makan, ada kawan dari Xingjiang suku Kazastan datang menyapa dan memberi salam. Setelah itu kami duduk satu meja makan dan bercakap-cakap.

Aku      : 你什么时候回来?

Teman : 前天。

Aku      : 你今天有课吗?

Teman : 没有,现在没有课。我现在只有写毕业论文。

Aku    : 毕业以后,在上海找工作吗?

Teman : 不,这里不好找。你工作了吗?

Aku     : 没有,有的人要给我工作但是我不会因为我在读书,不方便。

Teman  : 工作好,不要读书。

Dari pemmbicaraan teman tersebut, dia mengatakan semester ini tidak ada pelajaran sehingga bisa konsetrasi penuh tulis Tugas Akhir. Mereka disini belajar 4 tahun untuk S1 dan yang Aku kenal mahasiswa disini tamat 4 tahun. Dan target 4 tahun itu sebuah keharusan bagi mereka. Setelah tamat, Temanku itu akan kembali ke kampung halaman, mencari kerja disana yaitu Xinjiang.

Setelah makan kami keluar bersama dari Shitang halal tersebut, dan sesampai lantai 1 kami berpisah karena aku mau ketempat loket congka (Isi Pulsa untuk kartu) untuk congka. Dilantai 1 banyak sekali orang makan, bahkan ada yang antri. Ditempat congka juga antri, padahal sudah ada congka gesek tanpa harus ke loket congka.

Setelah congka, langsung pulang ke asrama melawati hujan rintik yang sudah ada saat keluar Asrama tadi.

Leave a Reply

