Mengambil Paspor yang Telah diPerpanjang Visa


Jam 10 lewat setelah makan di Shitang Halal, langsung menuju ke terminal 公交车(Busway). Tidak lama  公交车 datang dan naik menuju terminal Subway. Ketika naik Subway aku mendapatkan tempat karena kosong, sedikit penumpang. Saat Subway sedang berjalan kedengaran suara orang bernyanyi, aku menoleh terlihat pengemis,seorang laki-laki yang ada pengeras suara memegang mikrofon menyanyikan lagu cina, serta seorang perempuan yang tugasnya meminta dan menampung duit. Pengemis yang perempuan  menuju ke arah dekat aku sembentar, terus dengan cepat berbalik ke tempat semula dan terus pengemis tersebut kearah melawan arah gerakan Subway. Aku duduk digerbong muka,segerbong masinis.

Subway berhenti disetiap stasius, tiba-tiba dari depan disatu stasiun masuk pengemis lain. Sebelumnya pengemis ini sudah beberapa kali terlihat saat menumpang line 11. Pengemis tersebut juga dua orang, dimana dua-dua terlihat cacat. Laki-laki dengan kaki palsu dan perempuan dengan rambut agak botak. Pengemis terserbut terus bergerak dengan perempuan yang bernyanyi ke arah berlawanan dengan Subway. Kemudian selang beberapa saat, muncul seorang laki-laki dengan tas, dia membawa browsur menawarkan apartemen ke penumpang.

Setelah itu aku duduk, dengan sesekali melihat berita di TV dan juga melihat serta mendengar sudah sampai di line berapa. Aku akan mengambil paspor dan line yang harus aku lalui adalah line 11 terus ke line 2. Di line 11 turun di Jiangsu Road pindah ke line 2 turun di Stasiun Shanghai Science & Technology Museum. Sesampai di Stasiun Shanghai Science & Technology Museum, aku langsung keluar lewat pintu 3, satu jalur dengan pintu 4,5,6 atau ditulis 3/4/5/6. Saat keluar dari pintu 3 dijalan menuju kantor urus Visa ,aku lihat ada pengemis tua sambil menggesek alat musik. Tua sekali dan tanpak lusuh dengan suara gesekan yang pelan tapi tidak berirama.

Sebenarnya pengemis tersebut kalau di ketahuan sama Satpol PP Shanghai, itu bisa ditangkap.  Tapi entah kenapa hari ini rame sekali, mungkin karena yang ditangkap pengemis-pengemis itu saja, entahlahFlirt male.

Aku bergegas ke langsung ke kantor, dan sampai disana dilantai satu tempat pengambilan Paspor terlihat antri yang panjang. Aku langsung ke tempat pembayaran visa dan setelah itu menanyakan ke petugas yang sedang memberikan paspor kepada orang. Aku memastikan apakah aku harus antri, karena pada loket orang atri tersebut tertulis khusu orang cina. Mereka menjawab, ya harus antri.

Aku         : 要排队吗?

Petugas : 对的。

Sambil antri, aku lihat petugas hari ini jumlah sedikit, cuma 3 orang padahal loketnya 5 loket. 3 orang diloket tersebut satu orang menerima dan mencek data,satu orang tugas menelpon dan satu lagi bertugas mengambil paspor di filing kabinet. Saat sampai giliran aku, setelah memberikan slip ambil paspor aku tekan tombol pelayanan terjelek yang ada di depan akuCrying face.

Setelah ambil paspor langsung aku kembali ke kampus. Oya, hampir lupa. Disaat berangkat di line 2, di Stasiun Jiangsu, ada seorang bapak-bapak, umuran 60 menyodorkan kertas tertulis bahasa cina sambil mengucapkannya. Sempat ragu-ragu, karena tulisan tangan cina sedikit susah dibaca. Aku coba perhatikan dan dengar ucapannya, aku langsung mengerti. Dia ingin menuju ke Statiusn Century Avenue kemudian pindah ke line 6. Aku langsung, membimbing dia dengan memperlihatkan tulisan yang ada dipintu naik Subway. Disana tertulis dan kutunjukan dengan tangan. Saat Subway tiba, dia bersama aku langsung naik dan turun ditempat yang dia tuju. Dalam subway sempat ditanyakan apakah aku orang shanghai. Tentu jawaban aku,bukan, aku orang Indonesia. Dia langsung mengeluarkan visa, dia pernah ke Indonesia sebagai pekerja. Dia tidak bisa baca tulisan china, sehingga harus bertanya sama orang.

Bapak : 你是上海人

Aku : 不,我是外国人。

Bapak : 国外,那个国家

Aku : 印度尼西

Bapak 我知道,我去过。去打工。

Aku :  你是哪里

Bapak : 江苏。你在这里作什么?

Aku : 在这里读书

Bapak 度大学

Aku : 对

Semua berjalan baik,berkat transportasi Shanghai sangat bagus,efisien terutama untuk subway yang harus aku angkat jempolWinking smile.

Fotonya ada di : https://onedrive.live.com/redir?resid=FD06ABA88D3C7E60!1260&authkey=!AI3pCGWtaO_5CAw&ithint=folder%2c.jpg

Leave a Reply

