Berkat Google Drive, di Blog Aku sudah Bisa Menampilkan Gambar


Untuk mengakses blog aku sekarang ini,https://zacknov.wordpress.com, selalu harus menjalankan software Freegate. Karena di cina, wordpress.com di blok oleh pemerintah cina. Pertama sebenarnya lancar-lancar saja memperbaharui blog, tanpa ada kendala. Tapi saat ingin menampilkan gambar di dalam artikel,saat upload gambar yang agak besar, maka butuh waktu cukup lama dan selalu gagal. Akhirnya aku coba menggunakan aplikasi Cload dan mensharing  data ke blog,seperti SkyDrive(OneDrive),Dropbox tapi hasilnya tidak seperti aku inginkan. Untuk OneDrive aku berhasil mengupload gambar tapi di blog aku hanya bisa menampilkan link gambar tidak bisa menampilkan langsung gambar di dalam artikel. Aku mencoba Dropbox, dia minta konfirmasi email setelah itu tidak  aku lanjutkan. Demikian juga dengan google Drive, yang di cina diblok dan untuk upload gambar juga sering gagal lewat.

Hari ini aku dapatkan triknya, yaitu menggunakan google Drive. Trik ini aku dapat secara tidak sengaja di http://www.techofy.org/2014/03/host-images-on-google-drive.html dengan judul “ How to Host Files and Images on Google Drive”. Kemudian aku gambung dengan trik aku sendiri yaitu  install dahulu google Drive di PC. Google Drive offline yang di download di  http://dl.google.com/drive/1.8.4357.4863/gsync.msi.

Setelah install google Drive, maka semua gambar yang akan di upload dimasukkan ke folder komputer yang telah di baca oleh Google Drive. Dengan sendirinya google drive akan mensykronisasikan sendiri atau mengupload gambar ke folder yang ada di web google Drive.

Setelah itu tinggal sharing folder google Drive untuk bisa dibaca di blog. Caranya seperti gambar dibawah ini berdasarkan artikel “How to Host Files and Images on Google Drive”.

1. Masuk ke google drive anda anda atau bila belum ada silahkan buat accountnya.

2. Buat Folder dengan klik Icon CREATE–> Folder. Muncul New Folder, silahkan ganti menjadi nama folder yang anda suka, misalnya WordPress,lalu klik Create and Share.

3. Klik Kanan pada Folder yang baru di buat dan pilih Share->Share

4. Klik Change dan pilih Public On the Web, klik Save

5. Sekarang pindahkan gambar ke folder yang dibaca google drive dikomputer lalu  tunggu ter-upload ke server google drive. Bila tidak ter-upload ke exit dahulu google drive dikomputer dan login kembali.

6. Bila sudah ter-upload klik gambar atau di cotengan sudut gambar, lalu kan muncul link di Details

 

Semua gambar diatas sekarang berada dalam folder Google Drive. Upload artike di blog sekarang lebih cepat, karena hanya teks saja sedangkan gambar terpisah diserver lain yaitu server google. Terimakasih Google,ini solusi yang paling baik bagi aku yang ngeblog dari negeri Tirai Bambu china Smile.

4 thoughts on “Berkat Google Drive, di Blog Aku sudah Bisa Menampilkan Gambar

Leave a Reply

