Membuat Tampilan GIMP Seperti Adobe Photoshop


Gimp adalah sebuah program desain grafis yang banyak digunakan di Sistim Linux. Sebelum menggunakan Gimp, saya sudah pernah menggunakan Adobe Photoshop versi 6. Karena Photoshop tidak ada di linux, saya mau tidak mau harus menggunakan Gimp. Kendala yang utama dari Gimp bagi saya adalah tool-toolnya tidak menyatu dalam satu windows. Sehingga ketika mengedit gambar atau membuat bannert untuk web, saya merasa tidak nyaman. Kita bekerja dengan Canvas, toolnya sudah pindah ke belakang Canvas, dan sebaliknya. Mungkin karena saya terbiasa dengan Photoshop, yang tool-toolnya sudah dalam satu windows, berada dikiri dan kanan. Untuk itu saya, sempat mencari-cari cara bagaimana Gimp itu, tampilan tool dan toolboxnya bisa di bikin seperti Adobe Photoshop, yaitu satu windows.

Beberapa hari yang lalu, tidak sengaja saya melihat ada tutorial di https://wetansumur.wordpress.com/ tentang cara membuat Gimp dengan tool dalam satu windows. Tutorial tersebut menarik perhatian saya, langsung saya coba di Gimp yang terinstal di Linux Ubuntu 12.04, tapi ternyata tidak bisa. Karena Gimp nya versi 2.4, belum ada fasilitas seperti di tutorial tersebut, yaitu Gimp 2.8.

Untuk itu saya mencari cara bagaimana cara menghapus GIMP 2.4 dan menginstal GIMP 2.8. Syukur saya dapat alamat download repositorinya. Ini langkah-langkah untuk  update Gimp 2.4 menjadi 2.8.

  1. Masukkan terminal hapus Gimp 2.4

    sudo apt-get autoremove gimp gimp-plugin-registry

  2. Tambahkan dan update database repositorinya

    sudo add-apt-repository ppa:otto-kesselgulasch/gimp

    sudo apt-get update

  3. Instal Gimp baru

    sudo apt-get install gimp

  1. Buka Gimp, Klik Menu Windows, pilih (Centang) Single-Window Mode.

GIMP

Leave a Reply

