Mendownload Data Gempa dari Internet (USGS)


Beberapa bulan yang lalu, kami mahasiswa Magister Fisika Unsyiah mendapat pengetahuan dari pakar Seismogi, Muksin Umar, bagaimana cara mengambil data gempa dari situs http://earthquake.usgs.gov. Dengan data-data tersebut kami bisa mengolah untuk melihat titik-titik gempa, stasiun-stasiun yang mendeteksi sampai penjalaran gempa di dalam bumi.

Portal United States Geological Survey’s (USGS) adalah sebuah program peringatan dini gempabumi yang dimiliki oleh negara Paman Sam Amerika. USGS merupakan bagian dari program multinasional yang bernama National Earthquake Hazards Reduction Program (NEHRP). NEHRP sendiri merupakan gabungan dari lembaga Federal Emergency Management Agency (FEMA), the National Institute of Standards and Technology (NIST), dan National Science Foundation (NSF).

Untuk mendownload data gempa adalah sebagai berikut

 

1. Buka website http://earthquake.usgs.gov/earthquakes/search/

usgs-web1

2. Tentukan selang waktu terjadinya gempa, kekuatan gempa,kedalaman gempa dan daerah terjadi gempa. Misalnya gempa yang terjadi dari 1 Januari 2004 sampai 20 Desember 2005 dengan kekuatan gempa 6 sampai dengan 10 di kedalaman 0 sampai 300 km. Maka isilah form dihalaman webset http://earthquake.usgs.gov/earthquakes/search/ seperti gambar dibawah ini

usgs-web2

3. Untuk menentukan daerah terjadi gempa, Klik tombol Draw Rectangle on Map pada bagian Rectangle

draw_rectangle
4. Maka akan muncul gambar peta dunia. Untuk memperbesar gambar tempat dipeta yang dituju gunakan scrool mouse atau klik tanda plus pada gambar peta tersebut.

draw_rectangle1
5. Perbesar gambar dengan scrool mouse mengarahkan pointer ke pulau sumatra indonesia. Maka akan terlihat seperti gambar dibawah

draw_rectangle2
6. Untuk memilih area titik gempa, klik titik koordinat pertama dimulai, lalu klik koordinat kedua batas range daerah gampa.

draw_rectangle3

draw_rectangle5
7. Setelah pemilihan area gempa di peta, sekarang klik tombol Use this Region. Maka koordinat lintang utara selatan dan barat timur akan muncul di form utama seperti gambar dibawah ini.

Map_koordinat



8. Sekarang pada Review Status, pilih Reviewed dan Format pilih Map & List untuk melihat apakah pada peta ada titik-titik gempa. Ini gunanya adalah untuk melihat apakah pada peta tersebut adanya titik-titik gempa sebelum datanya kita download.

reviewed_map_list
9. Klik tombol Search untul menampilkan peta

search_view

peta_reviewed
10. Setelah melihat dan memastikan ada titik gempa pada peta tersebut, maka klik tombol Back di browser anda untuk kembali halaman utama. Setelah itu pada Review Status pilih Any dan Output Option pilih CVS.

search_any_cvs
11. Setelah itu, klik tombol Search untuk mendownload data yang diinginkan. Maka akan browser anda akan mendownload data dengan nama query.csv untuk menyimpan ke komputer anda.

save_query_csv

Data sudah berhasil di download, kemudian anda tempatkan pada folder kerja anda untuk diproses selanjutnya. Data tersebut bisa dibuka dengan menggunakan program LibreOffice Calc atau melalui klik kanan pada file, pilih LibreOffice Cal. Data di LibreOffice Calc akan tampil seperti gambar di bawah ini.

query_libreoffice

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s