Menampilkan Garis
Menampilkan garis dalam OpenGL menggunakan perintah GL_LINES. Menggambarkan garis hanya menggunakan 2 buah vertex,yaitu titik mulai dan titik akhir. Untuk jelasnya, perhatikan gambar dibawah ini :
Program untuk membuat garis adalah:
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0.2, 0.2, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.2, 0.0);
glVertex3f(0.2, 0.5, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.5, 0.0);
glVertex3f(0.2, 0.8, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.8, 0.0);
glEnd();
Program Lengkap untuk membuat garis adalah:
#include <gl/glut.h>
void Draw() {
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f(1.0, 1.0, 1.0);
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0.2, 0.2, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.2, 0.0);
glVertex3f(0.2, 0.5, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.5, 0.0);
glVertex3f(0.2, 0.8, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.8, 0.0);
glEnd();
glFlush();
}
void Initialize() {
glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
glOrtho(0.0, 1.0, 0.0, 1.0, -1.0, 1.0);
}
int main(int iArgc, char** cppArgv) {
glutInit(&iArgc, cppArgv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(250, 250);
glutInitWindowPosition(200, 200);
glutCreateWindow(“Line”);
Initialize();
glutDisplayFunc(Draw);
glutMainLoop();
return 0;
}
Hasil Kompile program garis diatas adalah :
Menampilkan Segitiga
Menampilkan Segitiga menggunakan perintah GL_TRIANGLES dengan 3 buah vertex. Segitiga yang dibentuk bisa searah dengan jarum jam atau berlawanan. Pada contoh ini gambar pertama berlawanan dengan arah jarum jam dan yang kedua sebaliknya.
Perintah menampilkan segitiga adalah:
glBegin(GL_TRIANGLES);
glVertex3f(0.2, 0.2, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.2, 0.0);
glVertex3f(0.2, 0.5, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.5, 0.0);
glVertex3f(0.2, 0.8, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.8, 0.0);
glEnd();
Perintah lengkap menampilkan segitiga adalah :
#include <gl/glut.h>
void Draw() {
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f(1.0, 1.0, 1.0);
glBegin(GL_TRIANGLES);
glVertex3f(0.2, 0.2, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.2, 0.0);
glVertex3f(0.2, 0.5, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.5, 0.0);
glVertex3f(0.2, 0.8, 0.0);
glVertex3f(0.8, 0.8, 0.0);
glEnd();
glFlush();
}
void Initialize() {
glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
glOrtho(0.0, 1.0, 0.0, 1.0, -1.0, 1.0);
}
int main(int iArgc, char** cppArgv) {
glutInit(&iArgc, cppArgv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(250, 250);
glutInitWindowPosition(200, 200);
glutCreateWindow(“Triangles”);
Initialize();
glutDisplayFunc(Draw);
glutMainLoop();
return 0;
}
Hasil Kompiler program segitiga diatas adalah:
Thanks mas, program dasar opengl nya membantu saya yang lagi mau sidang nih..
Ya, sama-sama. Smoga bermanfaat bagi kita semua.
aduhh mohon bantuannya donk program diatas program yg skrng jdi tugas d kampus,buat segitiga 2 persis output diatas,tuh program buat d C++ bukan?mohon petunjuk’a donk,deadline 10 nov d kumpulin :((((((
malah sy ga bs runningin opengl d C++ lg,ga tau cara’a,padahal library’a sy dah ada ky glu32.lib dsb
mohon bantuannya mas,materi diatas persis sekali seperti tugas yg sy kumpulkan minggu dpn 10 Nov 2011,persis sekali,menampilkan 2 segitiga seperti diatas,yg jd masalah sy pke prog C++,contoh d atas pke C++ bukan??sy dah ada C++ 6.0 dan sudah ada juga library opengl seperti glaux.lib dsb tp sy ga bs connect’in k C++,mohon pencerahan’a mas TOP URGENT,,
makasih y mas 🙂